Skip to main content

Berpikir untuk Menulis atau Menulis untuk Berpikir?


Menulis merupakan komunikasi interpersonal (yang menuntut seseorang berpikir sebelum menulis) dan sekaligus komunikasi intrapersonal (yang membuat seseorang menulis untuk berpikir).


Konsep-konsep yang tersedia dalam literatur tentang hakikat menulis tampaknya terpolarisasi menjadi dua kutub yang berlawanan. Di satu sisi, menulis dipandang sebagai proses mengkomunikasikan pesan (pikiran, emosi, atau perasaan) melalui symbol-simbol simbol bahasa tulis (huruf, tanda baca, dan spasi). Dalam proses ini, penulis pertama-tama berpikir dan kemudian menulis (menuangkan pikirannya ke dalam tulisan). Di sisi lain, menulis dipandang sebagai proses berpikir atau proses untuk mengklarifikasi, tidak hanya mengkomunikasikan, pemikiran. Kedua pandangan yang berlawanan ini menimbulkan pertanyaan apakah kita berpikir dulu lalu menulis, atau menulis dulu dan kemudian berpikir. (Mirip dengan pertanyaan klasik: 'Ayam dulu  dan telur?'). Artikel ini mencoba memastikan pandangan mana yang paling dekat dengan hakikat menulis dengan cara mengkaji apa yang sebenarnya terjadi dalam proses penulisan.

Pendukung pandangan yang menyatakan menulis merupakan proses menyampaikan pesan melalui teks umumnya menekankan bahwa tiap penulis, baik yang menulis dengan pulpen atau pensil (tulisan tangan) atau keyboard (mengetik), mengawali penulisan dengan memikirkan ide-ide. Lalu ided-ide itu dituangkan ke dalam teks. Pemikiran penulis yang terkandung dalam teks itu kemudian dibagikan kepada pembaca sasaran. Dengan demikian, seperti berbicara, menulis merupakan komunikasi antarpribadi. Sejalan dengan pandangan ini, Rivers (1968), seorang pakar metodologi pengajaran bahasa tersohor, menyatakan bahwa tulisan mengacu pada pengungkapan ide secara sistematis dengan menggunakan symbol-simbil grafis yang disepakati dalam sebuah bahasa. Penulis kenamaan, Richard Wright, juga mendukung pandangan ini dengan mengatakan bahwa ketika dia menulis, dia mencoba membangun “jembatan kata-kata” antara dirinya dan dunia luar. Metafora ini menunjukkan bahwa menulis merupakan proses menyampaikan pesan penulis kepada pembaca (dunia luar) melalui kata-kata tertulis.

Di pihak lain, mereka yang memandang menulis sebagai proses berpikir menekankan bahwa ketika seseorang menulis, dia pada dasarnya berusaha menemukan ide dengan melakukan komunikasi intrapersonal. White dan Arndt (1991) menyatakan: "Menulis bukanlah sekadar kegiatan mentranskripsi bahasa lisan ke dalam simbol tertulis: menulis adalah proses berpikir." Sejalan dengan ini, Hunt (2010) menyatakan bahwa menulis bukan hanya proses mengungkapkan ide-ide yang sebelumnya ada dalam pikiran tetapi juga suatu proses ajaib dan misterius yang memungkinkan penulis untuk membangun ide-ide baru. Jadi, proses itu diawali dengan menulis dan dilanjutkan dengan berpikir. Merefleksikan pengalamannya sebagai penulis, William Stafford menekankan, "Saya tidak melihat tulisan sebagai ungkapan dari sesuatu yang sudah tersedia, atau sebagai 'kebenaran' yang sudah diketahui. Sebaliknya, menulis adalah eksperimen. Sama seperti dalam aktivitas penelitian lainnya; Anda tidak tahu apa yang akan muncul dalam proses menulis sampai Anda mencobanya.”

Untuk memastikan pandangan mana yang lebih akurat, mengkaji apa yang terjadi dalam proses penulisan tampaknya merupakan cara paling masuk akal. Menurut Time4writing.com (n.d.), proses menulis mencakup lima tahap: prapenulisan (prewriting), penyusunan (drafting), revisi, penyuntingan, dan penerbitan. Prapenulisan meliputi kegiatan menghasilkan, memilih, menyortir, dan mengatur ide untuk ditulis. Tahap ini juga melibatkan pertimbangan tentang tujuan dan pembaca (audience) target, dan faktor-faktor ini akan memengaruhi pemilihan tipe dan organisasi tulisan. Tahap penyusunan mencakup perekaman ide-ide yang dimaksudkan untuk membuat makna, pemanfaatan tata bahasa, ejaan, dan tanda baca. Tahap revisi dilakukan untuk meninjau dan memodifikasi teks dengan cara menghapus, menambahkan, atau mengatur ulang konten dan melakukan penyesuaian nada, gaya, dan konten terhadap audiens target. Dalam tahap revisi ini, menerima umpan balik dari rekan dan/atau guru/dosen seringkali bermanfaat untuk membantu meningkatkan kualitas tulisan. Tahap pengeditan dilakukan untuk mengoreksi dan memperbaiki kesalahan tata bahasa dan faktor mekanis. Tahap ini juga melibatkan upaya untuk meningkatkan gaya bahasa dan kejelasan. Tahap penerbitan mengacu pada persiapan untuk berbagi teks dengan audiens target.

Gambar 1. Proses Menulis

Seperti terlihat dalam Gambar 1, proses penulisan tidak berlangsung linier tetapi rekursif. Tahapan-tahapan dalam menulis bisa terjadi berulang-ulang dan melompat maju atau mundur. Saat penulis sedang membuat draf, misalnya, ada kemungkinan bahwa dia juga secara langsung memperbaiki kesalahan tata bahasa. Dengan demikian, sambil men-draf dia langsung melompat ke tahap revisi, lalu kembali ke tahap drafting. Pada Gambar 1, panah merah menunjukkan langkah maju pertama; panah hijau mewakili langkah mundur; dan panah ungu menunjukkan langkah maju kedua, yaitu, penulis pergi ke tahap revisi lagi setelah kembali beberapa saat ke tahap penyusunan (drafting).

Sekarang mari kita lihat tahapan ini dalam aktivitas menulis. Misalkan Anda akan menulis tentang Danau Toba dalam sebuah esai yang panjangnya sekitar 750 kata. Kemungkinan besar hal pertama yang Anda lakukan adalah mencoba untuk mempertimbangkan subjek yang paling menarik tentang Danau Toba yang dapat Anda tulis dengan baik dalam sekitar enam hingga tujuh paragraf. Kemudian, Anda melakukan curah-gagasan (brainstorming) untuk memperoleh ide, membuat kerangka tulisan, dan melakukan penelitian dengan cara membaca sumber-sumber yang relevan atau mewawancarai orang-orang yang akrab dengan subjek tersebut. Setelah itu, Anda menulis konsep, merevisinya, mengeditnya, dan akhirnya menerbitkan teks final.

Penelusuran terhadap kegiatan-kegiatan itu mengungkapkan bahwa selama proses penulisan, berpikir dan menulis terjadi secara bersamaan. Ketika mempertimbangkan topik yang akan ditulis, Anda berpikir. Dalam curah gagasan Anda memperoleh ide dengan cara menuliskannya sehingga ide tersebut “terlihat” dan visibilitas itu membantu Anda untuk mengamati dan memperbaikinya. Dalam tahap menyusun 9drafting), Anda mengungkapkan poin yang telah Anda atur dalam kerangka tulisan menjadi kalimat dan paragraf. Meskipun kegiatan-kegiatan ini didominasi oleh kegiatan menuangkan ide-ide ke dalam simbol-simbol tertulis, pikiran Anda juga terlibat untuk memastikan bahwa kerangka tulisan itu sistematis. Dalam tahap revisi Anda mengembangkan konsep Anda dengan cara menambahkan, menghapus, mengatur ulang, dan mengganti informasi. Kegiatan-kegiatan ini juga melibatkan penulisan dan pemikiran. Ketika mengedit, Anda memeriksa dan mengoreksi kesalahan-kesalahan untuk membuat esai menjadi jelas dan menarik untuk dibaca. Dengan demikian, dalam tahapan ini Anda juga menulis dan sekaligus berpikir.

Dapat disimpulkan bahwa proses menulis melibatkan aktivitas berpikir dan menulis secara simultan. Tak seorangpun dapat menulis tanpa menggunakan kedua aktivitas itu. Aktivitas berpikir diperlukan untuk membangun ide dan aktivitas menulis dibutuhkan untuk meletakkan dan mengatur ide dalam bentuk tertulis. Setelah ide-ide tersedia dalam bentuk tertulis, ide-ide tersebut menjadi terlihat dan mudah dikembangkan, bahkan disempurnakan (dengan berpikir). Ide-ide yang disempurnakan kemudian dikomunikasikan (dengan menulis) dalam bahasa tertulis yang dapat dibaca dan dipahami audiens target. Berpikir, menulis, berpikir, dan menulis adalah kegiatan simultan yang Anda lakukan dalam menulis. Jadi, menulis merupakan komunikasi interpersonal (yang menuntut seseorang berpikir sebelum menulis) dan sekaligus komunikasi intrapersonal (yang membuat seseorang menulis untuk berpikir). ***

Versi Bahasa Inggris artikel ini dapat diakses di sini. 

Apa pandangan Anda tentang artikel ini? Silahkan tuliskan pendapat Anda di bagian komentar di bawah ini.



Penulis: Parlindungan Pardede (parlin@weedutap.com)



Comments

Popular posts from this blog

Types and Functions of Plot

Type of Plots  The plot used in fictions can be differentiated into four types: linear, episodic, parallel, and flashback. The most common plot employed in short stories is the linear plot. Some short stories, though quite rarely, also use flashback plot. The episodic and parallel plots, however, are found only in long fiction, i.e. novels. Short storied do not use episodic and parallel plots because short stories normally concentrate on a single event with a very limited number of characters, while episodic and parallel plots include a series of events or more than one plot. The following section describes each plot briefly. The Linear Plot The linear plot (sometimes is also called dramatic or progressive plot) presents action or occurrences chronologically. It typically starts with an exposition (or introduction to the setting and characters) and the conflict. After that, the rising action follows which leads to a climax. Soon after the climax, falling action emerges which brings

Identifying a Research Problem (and Writing the Statement of the Problem)

  Research is essentially a problem-driven process. It starts and focuses on a specific problem or phenomenon. During the research process, data is collected and theories are elaborated to explain the problem. In other words, identifying and determining the problem to study is the first and the most important aspect to deal with in undertaking research. Thus, the research problem is the foundation of a research project. If the foundation is shaky the entire project is doomed to failure. Despite its critical importance, identifying and stating a research problem are the most challenging aspects of undertaking research, especially for novice researchers. This might be due to an insufficient understanding of how to identify and write for a study. This article describes research problem identification as the first step of a research process. It starts by describing what a research problem is, how to identify it, and where to obtain it. Then it briefly probes the criteria for determining a

An Analysis of the Theme of Hemingway’s “Old Man at the Bridge”

  An Analysis of the Theme of Hemingway’s “Old Man at the Bridge” Introduction The theme is one of the most interesting elements of fiction, including a short story. It refers to the central idea or meaning that the author wants to convey to the readers. Some stories convey a single theme, but some other stories have several themes. Since short stories are related to human life, Alternbend and Lewis (1966, p. 78) define theme as “The general vision of life or the more explicit proposition about human experience that literature conveys”. In relation to this, one of the easiest ways to determine the theme of a short story is by asking ourselves, “What does the story say about life? The theme of fiction is generally presented through the other elements of fiction, particularly the plot and characterization. This article is a venture to analyze the theme of Hemingway’s Old Man at the Bridge . This story is interesting to analyze due to two reasons. First, it is based on Hemingway’s exp