Skip to main content

Mengapa Pelajar Indonesia Krisis Membaca?



Artikel sebelumnya, Krisis Membaca: Biang Kerok Rendahnya Kualitas Pendidikan Indonesia, telah memaparkan bahwa pendidikan nasional Indonesia yang telah berlangsung hampir 75 tahun sukses secara kuantitas namun masih terpuruk di sisi kualitas. Penyebab utama rendahnya kualitas tersebut adalah krisis membaca. Pengabaian membaca sebagai fondasi dan faktor sukses pembelajaran berdampak langsung pada kualitas aspek pembelajaran lainnya. Jika minat dan kemahiran membaca krisis, aspek pembelajaran lainnya juga krisis. 

Untuk melanjutkan pembahasan tentang topik tersebut, artikel ini fokus pada faktor-faktor penyebab krisis membaca di kalangan pelajar Indonesia. Karena membaca merupakan aktivitas yang kompleks dan melibatkan banyak aspek, keberhasilan atau kegagalan pembelajaran membaca ditentukan oleh banyak faktor. Thomas (2019) menjelaskan bahwa membaca adalah suatu proses kognitif yang rumit, yang dimediasi oleh praktik sosial dan budaya serta membutuhkan bimbingan guru dan interaksi dengan teks untuk membangun makna. Definisi ini mengungkapkan bahwa membaca dilakukan untuk membangun makna melalui interaksi dengan teks dengan cara melibatkan pikiran, fisik, pengaruh sosial dan budaya serta media. Selain itu, berbeda dengan keterampilan berbicara yang dapat dikuasai secara alami, keterampilan membaca harus dipelajari.  

Paparan tentang penyebab krisis membaca di kalangan pelajar Indonesia berikut dilandaskan pada elaborasi terhadap hakikat dan aspek-aspek membaca di atas. Bertitik tolak dari definisi tersebut, terlihat bahwa dari sisi fisik dan pikiran, mayoritas anak Indonesia tidak memiliki kendala untuk menguasai keterampilan membaca. Persentase anak berkebutuhan khusus yang ikut belajar secara inklusif di sekolah dasar umum terhitung kecil. Namun, penelitian ACDP (2012) mengungkapkan hanya 50% siswa kelas 3 dari 184 SD di 7 provinsi di Indonesia yang dapat membaca dengan lancar, itupun dengan pemahaman yang tidak menyeluruh, hanya sebagian besar isi teks yang dibaca. Dengan demikian, kegagalan pembelajaran membaca itu kelihatannya lebih dipengaruhi oleh faktor-faktor yang terkait dengan pengajaran (bimbingan) guru, sosial budaya, dan media. 

Penyebab pertama adalah kegagalan praktik pembelajaran mengembangkan keterampilan membaca dasar dan dorongan agar siswa membaca untuk kesenangan. Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, kegagalan menguasai keterampilan membaca dasar akan menghalangi siswa membaca untuk kesenangan. Jika siswa tidak membaca untuk kesenangan, minatnya untuk membaca untuk belajar, dan membaca fungsional akan terreduksi. Makenzi (2004) menegaskan bahwa kurangnya penguasaan keterampilan membaca dasar membuat jutaan anak-anak di negara berkembang tidak mampu membangun keterampilan membaca selanjutnya seperti yang dinikmati oleh teman-teman sebaya mereka di negara-negara maju. Temuan ACDP (2012) bahwa hanya 29% guru yang menggunakan metode yang efektif dan siswa aktif dalam pembelajaran membaca menegaskan bahwa faktor pengajaran dari guru berkontribusi cukup besar terhadap krisis membaca di kalangan siswa Indonesia.

Penyebab kedua adalah faktor budaya di Indonesia yang masih cenderung menekankan komunikasi lisan. Secara historis, budaya Indonesia memang tidak berorientasi pada komunikasi tertulis. Tulisan-tulisan kuno yang diperoleh dari berbagai wilayah Indonesia didominasi oleh naskah religius, bukan catatan ilmu pengetahuan. Selain itu, yang berhak membaca naskah-naskah itu hanyalah pemuka agama, pendeta atau rahib. Anggota masyarakat “diprogram” untuk mempelajari ajaran-ajaran dalam naskah tersebut dengan cara menyimak khotbah atau ceramah. Akibatnya, anggota masyarakat menjadi terbiasa hanya dengan komunikasi lisan. Kebiasaan ini masih berlangsung dalam berbagai bentuk aktivitas hingga saat ini. Itulah sebabnya, membaca untuk belajar, membaca fungsional, apalagi membaca untuk kesenangan masih merupakan aktivitas asing bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Karena kehidupan modern sangat menuntut literasi, dan bangsa kita tidak mungkin menghindari kehidupan modern, budaya ini perlu disesuaikan.
Penyebab ketiga adalah pendekatan pembelajaran yang cenderung mengarahkan siswa untuk mampu mengerjakan soal-soal ujian, termasuk ujian nasional. Pendekatan ini membuat guru lebih mengutamakan penuntasan seluruh materi ajar dengan cara menyuruh siswa mendengarkan penjelasan, mencatat atau membuat ringkasan materi, lalu menghapal (rote learning). Akibatnya, siswa tidak diberi kesempatan untuk pleasure reading dan tidak perlu membaca untuk belajar secara serius. Tidak sedikit guru yang merasa penerapan Peraturan Mendikbud No. 23 Tahun 2015, yang mewajibkan semua siswa membaca 15 menit sebelum sebuah pembelajaran dimulai, hanya mengurangi waktu untuk menyelesaikan ‘target’ penyelesaian materi. Terkait dengan permasalahan ini, penghapusan ujian nasional (UN) sbagai salah satu upaya mewujudkan kebijakan "Merdeka Belajar" oleh Mendikbud Nadiem Makarim perlu dipandang sebagai kesempatan untuk meningkatkan kesempatan bagi siswa meningkatkan minat dan keterampilan membaca. 
Faktor berikutnya adalah minimnya sarana dan prasarana membaca. Selama ini, pengembangan perpustakaan sekolah dan pengadaan buku yang beragam dan menarik bagi pelajar belum menjadi prioritas. Sudah menjadi rahasia umum bahwa kebanyakan sekolah di wilayah terpencil belum memiliki perpustakaan yang memadai. Bahkan perpustakaan sekolah di kota-kota besar juga belum dikelola dengan baik. Koleksi buku yang dimiliki cenderung hanya berupa buku teks. Buku-buku yang menunjang membaca untuk kesenangan sangat terbatas. Kalaupun ada, kebanyakan merupakan terbitan lama dan sudah lusuh. Padahal, untuk menumbuhkan minat membaca, pelajar harus terlebih dahulu membaca untuk kesenangan, dan hal ini dapat terwujud jika mereka difasilitasi dengan banyak buku yang variatif dan menarik, yang dapat ‘diraih’ kapan saja. Penelitian Fayose (2003) mengungkapkan bahwa remaja di Nigeria tidak membaca untuk kesenangan karena mereka tidak menemukan buku yang menarik bagi mereka. Mayoritas (85%) remaja yang diteliti menyatakan mereka tidak mengunjungi perpustakaan karena koleksi buku yang ada tidak sesuai dengan minat mereka.
Faktor kelima adalah kemajuan teknologi yang disalahgunakan. Karena pembelajaran cenderung diarahkan untuk menghadapi ujian, dan soal-soal ujian didominasi oleh ‘objective test’, siswa merasa perlu membaca buku teks. Mengakses dan menghapal ringkasan topik-topik pelajaran yang tersedia di Internet lebih praktis dan nyaman bagi mereka. Kebiasaan membaca ringkasan di Intenet itu, disadari atau tidak, mengakibatkan dua kerugian yang sangat fatal dilihat dari sisi membaca. Pertama, mereka menjadi terbiasa memperoleh sesuatu secara instan dan gampang sehingga mereka sangat tidak sabar membaca secara mendalam, apalagi teks cetak yang panjang dan padat isi (kompleks). Kedua, karena lebih menyukai teks-teks sederhana dan pendek, mereka seringkali tidak memperdulikan validitas dan kualitas teks yang dibaca. Akibatnya, kemampuan membaca dan berpikir kritis mereka semakin menurun. (Tidak heran jika 65% warga Indonesia mudah terpedaya oleh hoak atau berita-berita palsu).
Faktor terakhir adalah kurangnya dukungan keluarga. Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, pengembangan minat membaca idealnya dimulai ketika anak-anak mulai menguasai bahasa verbal dengan cara membacakan cerita kepada mereka. Setelah mereka mulai membaca secara mandiri (kelas 2 atau 3), memfasilitasi mereka dengan banyak bacaan variatif yang sesuai dengan usia mereka akan sangat mendukung. Akan tetapi, masih banyak orang tua di Indonesia yang mengabaikan hal ini. Selain itu, tidak sedikit orangtua yang menganggap membaca tidak penting. Meskipun mereka memiliki uang, membeli buku dianggap tidak perlu.
Paparan dalam artikel telah mengidentifikasi enam penyebab krisis membaca di kalangan pelajar Indonesia. Berdasarkan identifikasi itu, pembahasan tentang solusi dapat dilakukan. Anda dapat membaca paparan tersebut dalam Strategi Untuk Mengatasi Krisis Membaca di Kalangan Pelajar di Indonesia. ***

Apa pendapat Anda tentang isi artikel ini? Silahkan tuliskan pandangan Anda pada bagian "Comments" di bawah.

Versi Bahasa Inggris artikel ini dapat dibaca di sini.


Author : Parlindungan Pardede (parlin@weedutap.com)



Comments

Popular posts from this blog

Types and Functions of Plot

Type of Plots  The plot used in fictions can be differentiated into four types: linear, episodic, parallel, and flashback. The most common plot employed in short stories is the linear plot. Some short stories, though quite rarely, also use flashback plot. The episodic and parallel plots, however, are found only in long fiction, i.e. novels. Short storied do not use episodic and parallel plots because short stories normally concentrate on a single event with a very limited number of characters, while episodic and parallel plots include a series of events or more than one plot. The following section describes each plot briefly. The Linear Plot The linear plot (sometimes is also called dramatic or progressive plot) presents action or occurrences chronologically. It typically starts with an exposition (or introduction to the setting and characters) and the conflict. After that, the rising action follows which leads to a climax. Soon after the climax, falling action emerges which brings

Identifying a Research Problem (and Writing the Statement of the Problem)

  Research is essentially a problem-driven process. It starts and focuses on a specific problem or phenomenon. During the research process, data is collected and theories are elaborated to explain the problem. In other words, identifying and determining the problem to study is the first and the most important aspect to deal with in undertaking research. Thus, the research problem is the foundation of a research project. If the foundation is shaky the entire project is doomed to failure. Despite its critical importance, identifying and stating a research problem are the most challenging aspects of undertaking research, especially for novice researchers. This might be due to an insufficient understanding of how to identify and write for a study. This article describes research problem identification as the first step of a research process. It starts by describing what a research problem is, how to identify it, and where to obtain it. Then it briefly probes the criteria for determining a

An Analysis of the Theme of Hemingway’s “Old Man at the Bridge”

  An Analysis of the Theme of Hemingway’s “Old Man at the Bridge” Introduction The theme is one of the most interesting elements of fiction, including a short story. It refers to the central idea or meaning that the author wants to convey to the readers. Some stories convey a single theme, but some other stories have several themes. Since short stories are related to human life, Alternbend and Lewis (1966, p. 78) define theme as “The general vision of life or the more explicit proposition about human experience that literature conveys”. In relation to this, one of the easiest ways to determine the theme of a short story is by asking ourselves, “What does the story say about life? The theme of fiction is generally presented through the other elements of fiction, particularly the plot and characterization. This article is a venture to analyze the theme of Hemingway’s Old Man at the Bridge . This story is interesting to analyze due to two reasons. First, it is based on Hemingway’s exp